Sudah kenal belum dengan ilmu kedokteran? Yuk simak bersama

Gastroenterologi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan fungsi normal dan berbagai penyakit pada seluruh sistem pencernaan yang meliputi kerongkongan, lambung, kandung empedu, pankreas, hati, saluran empedu, usus halus, usus besar (kolon), rektum, dan anus. Seorang Gastroenterolog harus memiliki pengetahuan dan pengertian yang mendalam terhadap fisiologi normal organ-organ yang telah disebutkan sebelumnya serta pergerakan saluran pencernaan yang sesuai. Gastroenterolog adalah sebutan bagi dokter yang mengambil spesialisasi di cabang ilmu kedokteran ini. Selain itu, ia juga harus mampu menasihati pasien mengenai cara dan sarana untuk menjaga pencernaan dan metabolisme yang sehat, meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan dan pembuangan sisa metabolisme tersebut.[1] “dilansir dari laman Alodokter” Dokter penyakit dalam atau internis adalah ilmu kedokteran yang menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan pada pasien dewasa dan lansia. Penanganan yang dilakukan mencakup semua organ tubuh bagian dalam. Gelar tersebut diberikan kepada dokter yang sudah menempuh dan menyelesaikan Program Pendidikan Spesialisasi Ilmu Penyakit Dalam. Ilmu penyakit dalam adalah ilmu kedokteran yang menangani orang dewasa dan lansia, meliputi penyakit-penyakit non-bedah, mencakup hampir seluruh tubuh manusia dengan berbagai keluhan dan gejala pada penyakit yang diderita. Secara klinis, bidang ilmu penyakit dalam terbagi menjadi beberapa subspesialisasi. Masing-masing dokter subspesialis (Konsultan) penyakit dalam akan menangani penyakit sesuai dengan bidang keilmuannya, seperti:

  • Hematologi – Onkologi Medik (Sp.PD-KHOM)
READ  Apa Itu Campak Jerman Atau Rubella?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi – onkologi mengemban tugas dalam menangani berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan darah, organ limpa, dan berbagai jenis kanker.

  • Kardiovaskular (Sp.PD-KKV)

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan kardiovaskular bertugas mendiagnosis dan memberikan pengobatan seputar penyakit jantung dan pembuluh darah pada orang dewasa, seperti penyakit jantung, syok kardiogenik, henti jantung, miokarditis, angina pektoris, gagal jantung kongestif, gangguan irama jantung, penyakit jantung bawaan, penyakit katup jantung, hipertensi, kelainan pada pembuluh darah, tumor jantung, dan kardiomiopati idiopatik.

  • Endokrin-Metabolik-Diabetes (Sp.PD-KEMD)

Subspesialisasi kedokteran penyakit dalam ini bertugas menangani berbagai masalah yang terkait sistem endokrin (kelenjar) dan kelainan metabolik.

  • Pulmonologi (Sp.PD-KP)
READ  Apakah chancroid berbahaya

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan pulmonologi menangani keluhan dan pengobatan terkait penyakit sistem pernapasan.

  • Alergi-Imunologi Klinik (Sp.PD-KAI) yang meliputi, reaksi anafilaksis, asma, rinitis alergi, urtikaria atau biduran, angioedema, dermatitis atopik, dermatitis kontak alergi, alergi makanan, alergi obat-obatan, penyakit imunologi paru, dan reaksi transplantasi organ (graft versus host response).
  • Nefrologi; Ginjal-Hipertensi (Sp.PD-KGH) dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal – hipertensi adalah dokter yang khusus menangani masalah kesehatan yang terkait ginjal, tekanan darah tinggi, dan ketidakseimbangan cairan dan mineral dalam tubuh.
  • Gastroenterologi-Hepatologi (Sp.PD-KGEH)

Subspesialis ilmu kedokteran penyakit dalam ini bertugas menangani masalah pada sistem pencernaan, seperti lambung, pankreas, usus, hati, dan kantong empedu.

  • Geriatri (Sp.PD-KGer)

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri bertugas menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan pada orang lanjut usia, seperti sindrom geriatri, malnutrisi pada lansia, delirium, imobilitas, inkontinensia urine, gangguan tidur, demensia, disfungsi seksual, hipotensi ortostatik, gagal jantung, hipertensi, sinkop, infeksi pada lansia seperti pneumonia dan infeksi saluran kemih, penyakit Parkinson, osteoarthritis, osteoporosis, dan diabetes.

  • Reumatologi (Sp.PD-KR)
READ  Sejauh mana yang kamu ketahui tentang ilmu kedokteran cina?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan reumatologi memiliki keahlian khusus dalam menangani berbagai masalah kesehatan terkait penyakit sendi, otot, tulang, dan jaringan penyambung seperti tendon.

  • Psikosomatik (Sp.PD-KPsi)

Subspesialisasi kedokteran penyakit dalam ini menangani berbagai gangguan psikosomatik, seperti gangguan kecemasan, gangguan panik, sindrom kelelahan kronik, gangguan tidur, tension headache, disfungsi ereksi dan disfungsi seksual psikogenik, dan nyeri atau gangguan fungsi tubuh terkait gangguan psikologis.

  • Penyakit Tropik-Infeksi (Sp.PD-KPTI)

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan penyakit tropik-infeksi fokus menangani penyakit infeksi menular, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit, serta memberikan obat pencegahan.

Sumber: Alodokter.com

[1] Sumber referensi docdoc.com