Kenali gejala chikungunya sejak dini

Chikungunya adalah infeksi virus dengan ditandai demam dan adanya nyeri sendi secara dadakan. Keadaan pada virus bisa menyerang juga bisa menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus, pada kedua jenis nyamuk yang sering menjadi penyebab demam berdarah. Penyebab chikungunya sebenarnya diakibatkan adanya virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk tersebut mendapatkan virus chikungunya ketika  menggigit seseorang yang telah terinfeksi lebih dulu.  Penyebaran tersebut tidak dapat langsung ke orang-orang tetapi melalui gigitan nyamuk yang membawa virus. Adapun virus yang di bawa nyamuk  menyebarkan siapa saja akan tetapi, risiko serangan penyakit tersebut lebih tinggi pada bayi yang baru lahir juga orang yang sudah lanjut usia usia dan individu adanya kondisi yang memiliki hipertensi, diabetes, bahkan memiliki penyakit jantung.

Adapula kasus yang sering terjadi pada gejala chikungunya, antara lain:

  1. Demam hingga 39 derajat Celsius, penderita mengalami demam tinggi seperti demam biasa namun lebih tinggi lagi, kemudian panas bisa turun secara dadakan lalu berulang-ulang hingga di temukkannya gejala demam berdarah yang mana dapat diobati ketika melakukan pemeriksaan dan mengetahui gejala yang di rasakan pasien. Pada penderita akan merasakan kejadian dimana harus di rawat demi menjaga agar dapat mengobati virus yang telah menyebar dalam seluruh tubuh. Perawatan yang intensif sekitar seminggu lebih.
  2. Nyeri pada otot dan sendi, pada gejala lain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh karena pada sendi-sendi dapat merasa lemas dan otot menjadi nyeri seakan-akan membuat tidak berdaya karena dapat dikatakan kalau butuh merasakan sakit dan nyeri hingga tidak mampu terjaga.
  3. Sendi bengkak, adanya sendi yang bengkak menyebabkan sakit ketika mengalami perubahan atau akan melakukan aktifitas keseharian dalam menjalaninya penderita tidak mampu bertahan lama yang menjadi penyebab utama adalah sendi yang bengkak.
  4. Nyeri pada tulang, keadaan pada tulang tidak dapat bergerak bebas karena adanya penekanan yang dapat menyebabkan seluruh tulang dan otot menjadi nyeri. Semua aktifitas terganggu dan hanya bisa menunggu untuk diadakan pemeriksaan dan dokter akan mengolah data akan segera di berikan penanganan yang serius karena pada saat itu semua tulang merasakan lemas pada bagian otot sehingga tidak mampu untuk duduk ataupun berdiri lama.
  5. Sakit kepala, terjadi bukan tanpa alasan karena beberapa kali menyebabkan perubahan pada sakit yang tidak biasa karena kekurangan kebiasaannya dan darah rendah menjadi penyebab utama sehingga gejala chikungunya di picu karena virus sudah menyebar ke seluruh tubuh pada beberapa hari akan membuat penderita merasakan pusing dan tidak dapat melakukan apa-apa selain rebahan serta tidak mampu untuk berkomunikasi lama.
  6. Muncul ruam di tubuh, ada ruam merah pada seluruh tubuh kemunculannya di timbulkan dari bintik kecil dan lama-lama menjadi banyak karena terjadinya akibat nyamuk sudah berdampak cukup besar dan pada kemunculan ruam pada tubuh tidak ada yang dapat menduga jika tidak banyak yang di ketahui dari gejala-gejalanya.
  7. Lemas, daya tahan tubuh mulai berkurang dikarenakan sistem imun dalam tubuh sudah melemah dan fungsi otot melemah dan sudah benar-benar tidak bisa berdiri tegak karena kemungkinan adanya darah rendah ataupun trombosit yang turun juga dapat mempengaruhi daya tubuh dalam sistem kekebalan tubuh yang sekarang menjadi tidak stabil.
  8. Mual, kemudian pada saat terjadinya mual penderita yang hendak makan dan minum tidak bisa. Dari mulut yang akan menuju kerongkongan tidak dapat masuk karena pada proses menelan lambung menolak untuk diisi makanan serta minuman sehingga memang menjadi lebih buruk keadaannya ketika penderita chikungunya tidak dapat mengkonsumsi apa-apa.
READ  Yuk, Cari Tahu Apa Saja Tanda-tanda dan gejala fimosis?

Adanya gejala umumnya akan timbul sekitar 3-7 hari setelah penderita  digigit nyamuk yang mempunyai virus. Biasanya, penderita dapat sembuh kurang lebih seminggu. Namun pada beberapa penderita akan mengalami nyeri sendi yang dapat berlangsung hingga berbulan-bulan lamanya sehingga akan merasa sakit pada bagian tulang sendi. Kemungkinan tidak memberikan dampak kematian, adanya tanda-tanda gigitan chikungunya yang parah bisa membuat  penderita berdampak pada tubuh yang mengalami kelumpuhan sementara.

Referensi

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

Referensi gambar:

m.medcom.id